Inti Bisnis Jaringan

Bisnis Jaringan atau Network memang menggiurkan banyak orang karena potensi memberikan penghasilan yang sangat banyak dan  (bisa) terus menerus. Saya tuliskan bisa dengan huruf miring dan dalam kurung karena memang tidak semua orang yang ambil bisnis dengan sistem jaringan, apapun skema yang digunakan, bisa berpenghasilan.
Secara garis besar ada 2 jenis skema yang digunakan dalam bisnis jaringan:
  1. Skema menggunakan Spillover.
    Pada skema ini bisa berujud jaringan binary, trinary dan seterusnya yang secara umum juga disebut matrix (bisa full matrix atau tidak). Pada sistem ini bisa dimungkinkan downline mendapatkan limpahan member dari upline/sponsor. Pada umumnya sistem bonus pada skema ini mengandalkan keseimbangan jumlah downline di sebelah kanan dan kiri, walaupun ada juga yg tidak persis seimbang namun tetap memperhitungkan perbandingan jumlah downline kanan - kiri.
    Pada skema ini bisa jadi downline berpenghasilan lebih besar dari pada upline, dan tidak mesti pertambahan jumlah member downline memberikan hasil untuk upline. 
  2. Skema tanpa spillover
    Bisnis jaringan yang menggunakan skema tanpa spillover biasanya disebut sistem matahari. Sistem ini tidak ada pelimpahan downline atau tidak ada batas maksimal downline level 1 (refferal langsung). Sistem matahari ini sangat memungkinkan upline memiliki keuntungan lebih dari pada downlinenya. Karena semua hasil kerja downline pasti dinikmati (ada bonus) bagi upline. Sedangkan hasil kerja upline tidak melimpah (tidak memberikan bonus/manfaat) ke downline.
Ada juga yang mengawinkan 2 jenis skema di atas yaitu skema matriks untuk perkembangan jaringan dengan bonus-bonus tertentu (pasangan, titik dll) dan skema matahari untuk jalur pensponsoran dengan bonus yang lain (matching, generasi/level dll). Skema ini diharapkan bisa memberikan keadilan bagi member.

Namun pada semua skema tersebut pada intinya bisnis jaringan akan berkembang jika ada pertambahan member. Tanpa pertambahan member bisnis jaringan tidak menguntungkan.
Salah satu cara untuk memelihara jaringan agar bisnis tetap eksis, tetap berkembang maka perlu penjaringan calon member. Hal itu bisa dilakukan dengan membangun email list (list building). 
Mengapa email list? Ya karena email merupakan sarana komunikasi terpenting dalam dunia maya (internet). Tanpa email list bisnis jaringan kita tidak berkembang bahkan email list juga bermanfaat untuk bisnis non jaringan (jual putus), karena dengan email list akan memelihara hubungan pelanggan.
Beruntungnya ada temen saya yang memberikan panduan dalam membuat email list ini. Panduan lengkap dalam bentuk video bahkan di berikan pula panduan untuk membut produk.
Silakan klik link ini untuk melihat panduan membangun email list.

Post a Comment

Konversi Kode di Sini